Wednesday, 26 August 2015

Algoritma dan Flowchart Pada Sistem Pemrogaman Web

Tujuan Pembelajaran

Diharapkan dapat:
1.  Mengerti tentang algoritma
2.  Membuat algoritma dari suatu permasalahan
3.  Mengerti tentang flowchart
4.  Membuat flowchart dari suatu permasalahan

Pendahuluan
1.  Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah
2.  Dalam menyelesaikan masalah dengan komputer perlu merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah dalam sekumpulan instruksi
3.  sekumpulan instruksi yang dimengerti oleh komputer disebut dengan program

Bahasa Pemrograman
1.  Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam bahasa pemrograman, dibedakan menjadi:
·         Bahasa tingkat rendah (low level language):
                        Bahasa yang berorientasi ke mesin.
·         Bahasa tingkat tinggi (high level language):
                       Bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris). Contoh bahasa Pascal, bahasa C, dll.
2.  Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (kenal dengan biner digit) dengan menggunakan penerjemah.
             Penerjemah:
·         Interpreter : menerjemahkan baris per baris instruksi. Contoh bahasa Basic.
·         Compiler : menerjemahkan setelah seluruh instruksi ditulis. Contoh bahasa Pascal, bahasa C/C++, dll.
Algoritma
Arti umum adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis.
1.  Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
2.  Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3.  Algoritma adalah blueprint dari program
4.  Sebaiknya disusun sebelum membuat program
5.  Kriteria suatu algoritma:
·         Ada input dan output
·         Efektifitas dan efisien
·         Terstruktur

Contoh:
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan 2 buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan warna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1.  Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
2.  Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A

Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah pertukaran kedua larutan tersebut.
Untuk itu pertukaran isi dua bejana, diperlukan sebuah tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut:

Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian hingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1.  Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2.  Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3.  Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.

Ciri Penting Algoritma
1.  Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
2.  Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
3.  Algortima memiliki nol atau lebih masukan.
4.  Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
5.  Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

Memrogram dan Bahasa Pemrograman:
1.  Belajar memrogram adalah belajar tentang metode pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
2.  Belajar bahasa pemrograman adalah memakai suatu bahasa, aturan, tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya untuk membuat program yang ditulis dalam bahasa itu saja.

Notasi Algoritma:
1.  Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
2.  Notasi algoritma dapat berupa:
·         Uraian kalimat deskriptif (narasi):
Contoh:
Algoritma kelulusan mahasiswa
Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersenut dinyatakan lulus, jika nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.
Deskripsi:
Baca nama dan nilai mahasiswa
            Jika nilai >= 60 maka
            Keterangan = lulus
                  Tetapi jika salah
                  Keterangan = tidak lulus
            Tulis nama dan keterangan.

Tahapan Pembuatan Program:
1.  Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencangkup : tujuan pembuatan, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan, dan bahasa pemrograman yang digunakan.
2.  Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:


Contoh Algoritma:
1.  Mengirim surat kepada teman:
·         Tulis surat pada secarik kertas surat
·         Ambil sampul surat
·         Masukkan surat ke dalam sampul
·         Tutup sampul surat dengan perekat
·         Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat surat pada sampul
·         Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat surat pada sampul
·         Tempel prangko pada sampul
·         Bawa sampul ke kantor pos untuk diposkan
2.  Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap:
·         Masukkan sebuah bilangan sembarang
·         Bagi bilangan tersebut dengan 2
·         Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2
·         Bila sisa hasil sama dengan 0, maka bilangan itu adalah bilangan genap
·         Jika hasil bagi sama dengan 1, maka bilangan itu adalah bilangan ganjil


Flowchart
1.  Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
2.  Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
3.  Ada 2 macam flowchart:
·         System flowchart:
                       Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
·         Program flowchart:
                       Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

Contoh program Flowchart


Simbol-simbol Flowchart
1.  Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)
2.  Processing Symbols (simbol proses)
3.  Input-Output Symbols (simbol input-output)

Tabel Simbol-simbol Flowchart


Pembuatan Flowchart
1.  Tidak ada kaidah yang baku
2.  Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
3.  Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4.  Secara garis besar ada 3 bagian utama:
·         Input
·         Proses
·         Output
5.  Hindari pengulangan yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
6.  Jalannnya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7.  Sebuah Flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan End.


Pseudocode:
1.  Diberikan nama dan nilai mahasiswa, jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus jika tidak maka dinyatakan tidak lulus.
Deklarasi:
Nama          : String
Nilai            : Integer
Keterangan  : String
      Deskripsi:
            Read (nama, nilai)
            if nilai >= 60 then
            Keterangan = 'lulus'
            else
            Keterangan = 'tidak lulus'
            write (nama, keterangan)

Aturan Penulisan Teks Algoritma
1.  Judul Algoritma
          Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut.
2.  Deklarasi
          Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan di dalam program. Nama tersebut dapat berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedure, dan fungsi.
3.  Deskripsi
          Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya.

Contoh Pseudocode:
1.  Algoritma Luas_Keliling_Lingkaran (ini merupakan judul algoritma)
          {
Menghitung luas dan keliling untuk ukuran jari-jari tertentu. Algoritma menerima masukkan jari-jari lingkaran, menghitung luas dan kelilingnya, dan mencetak luas lingkaran ke piranti keluaran
          }      (ini spesifikasi algoritma)
2.  Deklarasi
const phi = 3.14 {nilai konstanta phi}
R          : real {jari-jari lingkaran}
Luas     : real {luas lingkaran}
Keliling : real {keliling lingkaran}
3.       Deskripsi
Read (R)
Luas     = phi * R * R
Keliling       = 2 * phi * R

Write (luas, keliling)

Tuesday, 25 August 2015

Cara Mematikan (Shutdown) Otomatis Komputer

Apakah selalu lupa untuk mematikan komputer sebelum tidur, atau hanya lupa untuk melihat jam saat Anda sedang bekerja? Artikel ini akan memberitahu Anda bagaimana untuk shutdown komputer otomatis dengan waktu yang ditentukan oleh anda. 

Mematikan atau shutdown komputer biasanya dengan klik tombol shutdown pada menu start. Namun selain cara yang umum tersebut, namun dengan cara ini kita dapat mengatur kapan komputer kita mati atau shutdown otomatis dengan waktu yang kita tentukan sendiri.

Cara Otomatis ShutDown Komputer dengan Waktu Ditentukan dengan Notepad.
1. Buka Notepad, Start> All Programs> Accessories> Notepad. 
2. Copy code di bawah ini :
@echo off
     :W
    if %time%==00:00:00.00 goto :X
    goto :W
     :X
    shutdown.exe /s /f /t 60 /c "Saya Mau tidur!!!!!!"
 dengan perintah di atas, komputer akan shutdown otomatis pada tengah malam, dan muncul pesan "Saya Mau tidur"
3. Ganti perintah if %time%== dengan waktu yang anda tentukan untuk shutdown komputer. Harus dengan waktu format: HH:MM:SS.MS dan 24 hr format. selain itu tidak bekerja.
shudown komputer otomatis dengan waktu
4. Save perintah notepad di atas dengan nama timer.bat dengan cara File > Save As, gani "file as type" nya ke "All Files". Save
5. Jalankan file timer.bat maka komputer anda akan otomatis shutdown dengan waktu yang ditentukan.
6. Jika anda ingin membatalkan shutdown komputer otomatis, tekan "Windows key + R", ketikshutdown -a. Tekan OK
shutdown komputer otomatis dengan waktu ditentukan

Cara Otomatis ShutDown Komputer dengan Waktu Ditentukan dengan Menu RUN
1. Buka menu Run dengan cara tekan tombol Window + R pada keyboard Masukkan perintah berikut ini : "shutdown -f -s -t 3600", sedangkan 3600 adalah waktu 3600 detik untuk satu jam. Anda bisa mengatur sendiri berapa second waktu yang anda kehendaki.
shutdown komputer otomatis dengan waktu ditentukan
 2. Maka muncul message box, seperti beriku : Maka komputer anda akan shutdown otomatis setelah 54 menit 12 detik
3. Jika anda ingin membatalkan shutdown komputer otomatis, tekan "Windows key + R", ketikshutdown -a. Tekan OK

Demikian tips singkat  Cara Otomatis ShutDown Komputer dengan Waktu Ditentukan

Tuesday, 18 August 2015

Macamnya Ukuran Kertas Lengkap

Macamnya Ukuran Kertas Lengkap

Ukuran kertaas memiliki berbagai macam ukuran dari berbagai macam ukuran kertas itu yang paling populer adalah A3, A4, F4, kuarto dan juga HVS. Warna tidak menjadi pembeda ukuran kertas dibagi dari A,B,C,R,F dan jenis lainnya. Silahkan dilihat ukurannya dibawah ini.
Berikut jenis kertas untuk seri A
• A10 = 2,6 x 3,7cm
• A9 = 3,7 x 5,2cm
• A8 = 5,2 x 7,4cm
• A7 = 7,4 x 10,5cm
• A6 = 10,5 x 14,8cm
• A5 = 14,8 x 21,0cm
• A4 = 21,0 x 29,7cm
• A3+ = 31,8 x 48,0cm
• A3 = 29,7 x 42,0cm
• A2 = 42,0 x 59,4cm
• A1 = 59,4 x 84,1cm
• A0 = 84,1 x 118,9 cm
Ukuran kertas pada Seri A pada umumnya akan digunakan untuk cetakan umum dan perkantoran serta penerbitan. Dasar ukuran adalah A0 yang luasnya setara dengan satu meter persegi. Yang sering digunakan biasanya menurut pengamatan bintang adalah ukuran A3 dan A4
Ukuran Kertas (Lengkap)
Belajar Mc Office Word
Berikut jenis kertas untuk seri B
• B10 = 3,1 x 4,4cm
• B9 = 4,4 x 6,2cm
• B8 = 6,2 x 8,8cm
• B7 = 8,8 x 12,5cm
• B6 = 12,5 x 17,6cm
• B5 = 17,6 x 25,0cm
• B4 = 25,0 x 35,3cm
• B3 = 35,3 x 500cm
• B2 = 50,0 x 70,7cm
• B1 = 70,7 x 100,0cm
• B0 = 100,0 x 141,4cm
Ukuran kertas untuk seri B umumnya digunakan untuk pembuatan poster dan juga lukisan dinding
Berikut jenis kertas seri C
• C8 = 5,7 x 8,1cm
• C7 = 8,1 x 11,4cm
• C6 = 11,4 x 16,2cm
• C5 = 16,2 x 22,9cm
• C4 = 22,9 x 32,4cm
• C3 = 32,4 x 45,8cm
• C2 = 45,8 x 64,8cm
• C1 = 64,8 x 91,7cm
• C0 = 91,7 x 129,7cm
Ukuran kertas ini umumnya digunakan untuk map, kartu post dan amplop
Berikut Jenis kertas seri R
• 12R+ = 30,5 x 46,5cm
• 12R = 30,5 x 38,1cm
• 11R+ = 27,9 x 43,2cm
• 11R = 27,9 x 35,6cm
• 10R+ = 25,4 x 38,1cm
• 10R = 25,4 x 30,5cm
• 8R+ = 20,3 x 30,5cm
• 8R = 20,3 x 25,4cm
• 6R = 15,2 x 20,3cm
• 5R = 12,7 x 17,8cm
• 4R = 10,2 x 15,2cm
• 3R = 8,9 x 12,7cm
• 2R = 6,0 x 9,0cm
Ukuran ini umumnya digunakan untuk kertas jenis Foto untuk mencetak foto.
Berikut jenis kertas seri F
• F4 /Folio = 21,0 x 33,0cm
Biasa digunakan untuk fotocopy dan perkantoran. Yang paling sering digunakan adalah F4 atau orang lebih suka menyebutnya Folio.

Saturday, 15 August 2015

Software Pengunci Keyboard & Mouse

Hy guys,sambil nunggu buka puasa labih baik nulis artikel, Siapa sangka  kalau software yang berukuran kecil ini bisa mengunci  keyboard & mouse. Agar terhindar dari tangan usil software ini bisa anda gunakan saat  meninggalkan komputer atau laptop  anda sesaat
ok lansung aja klik link di bawah ini

 


 klik Download | 187 KB
password : anchumrt
software ini sudah saya pakai dan ternya ta aman tidak perlu khawatir.sekian dulu yah sobat maaf klo cuma sedikit, salam TKJ

Internet Download Manager 6.16 Build 3 Full Patch

Internet Download Manager 6.16 Build 3 Full Patch


          IDM (Internet Download Manager) Aplikasi yang berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan saat mendownload kemarin baru saja melakukan update kembali, yakni IDM 6.16 Build 3 di sertai dengan beberapa perbakain. Buat yang ingin mengupdatenya, silahkan saja langsung di cek,,

What’s new in version 6.16 Build 3?

(Released: Jun 20, 2013)
  • Added a workaround for youtube changes
  • Fixed bugs

What’s new in version 6.16 Build 2?

(Released: Jun 14, 2013)
  • Added a workaround for youtube changes

What’s new in version 6.16?

(Released: Jun 10, 2013)
  • Improved IDM download engine
  • Fixed problems when downloading from dailymotion sites
  • Fixed bugs
DOWNLOAD :

Cara Merawat Hardisk



Sebenarnya cukup sederhana merawat hardisk agar selalu sehat dan bekerja secara maksimal.Mungkin banyakorang mengira bahwa merawat hardisk itu tidak gampang, yang harus di perhatikan adalah

- BIASAKAN SHUTDOWN

Matikan komputer secara prosedur yaitu dengan cara klik tombol start lalu shutdown atau turn off.Jangan sekali-kali mematikan komputer secara langsung  dengan mencabut arus listrik pada komputer pada saat komputer dalam keadaan masih menyala, tentu hal ini menyebabkan komponen komputer cepat mengalami kerusakan khususnya pada hardisk.

- PERIKSA ARUS LISTRIK

Pastikan kondisi arus lisrtik di rumah anda selalu dalam keadaan yang stabil.Jika tegangan listrik tidak stabil atau naik turun secara otomatis membuat komputer mati secara mendadak.Tidak salahnya jika anda membeli stavolt atau UPS.Meski harga UPS terdengar mahal di bandingkan stavolt selain bisa mengstabilkan arus listrik UPS juga mampu menjalangkan komputer antara 10 – 60 menit setelah listrik padam.Waktu tersebut cukup untuk menyimpang pekerjaan anda sekaligus menshutdown komputer secara prosedur.

Cara merawat hardisk secara fisik :
-    Hindari guncang  dan benturan pada hardisk
-    Jangan mengoneksikan kabel hardisk saat komputer dalam keadaan menyala
-    Pasang kipas pendingin adgar hardisk tidak cepat panas

Cara perawatan hardisk secara digital menggunakan Program:
-    Bersihkan hardisk dari sampah registry menggunakan utility
-    Rapikan posisi data dalam hardisk
-    Lakukan pemeriksaan tentang kondisi hardisk
-    Sediakan minimal 20MB ruang free space


Masih banyak yang belum saya jelaskan tapi setelah anda simak tadi di atas semoga bisa di paham dan di mengerti

Cara Membuat Flashdisk jadi RAM







Tips dan tirk  ini saya temukan di internet ketika Untuk cara yang kedua yaitu dengan cara merubah virtual memori yang ada pada properties MyComputer. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pasangkan flashdisk ke komputer
  • Klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties
  • Klik tab Advanced, lalu klik tombol Settings pada kotakPerformance
  • Pada jendela yang muncul, klik tab Advanced lalu klik tombolChange pada kotak Virtual memory
  • Pilih drive C, kemudian pilih No paging file. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik tombol Set
  • Pilih drive ‘flashdisk‘ anda (misalkan drive F), biasanya diberi nama Removable disk jika anda belum memberi nama pada flashdisk tersebut. Setelah itu pilih System managed size dan dilanjutkan dengan mengklik tombol Set
  • Perhatikan pada kotak Total paging file size for All drives. Nilai Recommended nya jangan melebihi kapasitas flashdisk
  • Jika memang lebih maka anda bisa memasukkan ‘nilai total’ dari kapasitas flashdisk. Caranya klik pilihan Custom Size lalu padaInitial Size dan
  • Maximum Size diisi dengan nilai total dari kapasitas flashdisk. Anda harus menyisakan 5 – 6 Mb. Ini merupakan persyaratan dariWindows XP itu sendiri. Jika sudah, klik tombol Set
  • Klik OK lalu Restart komputer
Berjalan di windows XP
flashdisk anda sudah menjadi RAM. Jangan mencabut Flashdisk anda yand sudah menjadi RAM .
Ketika komputer dalam keadaan menyala karna bisa merusak ssystem windows

 Selamat mencoba n semoga berhasil membuat flashdisk jadi RAM.

Cara Membuat Kinerja Mozilla Firefox Lebih Ringan







                 Apakah anda pernah merasa kalau terlalu banyak membuka tap di browser mozilla firefox terasa lemot.. pasti mnyebalkan sekali ..tenang mas/mba brow tips dan trik ini bis membantu anda..langsung saja ikuti langkah-langkah ini...!!!!

1.)Pertama-tama : Batasi cache memory, untuk itu ketik alamat "about:config" lalu tekan "enter
Kemudian Klik kanan di sembarang tempat, lalu pilih "new | integer". Pada Kotak dialog yang muncul, ketik "browser.cache.memory.capacity" dan masukkan nilai "2048". Artinya memory yang digunakan adalah 2 Mb, anda bisa mencoba nilai lain dengan kelipatan "1024".

2.)Kedua : Batasi kapasitas history. Hal ini dilakukan pada window konfigurasi yang sama. Bedanya, ketik
"browser.sessionhistory.max_total_viewers" pada kolom "Filter". Klik kanan baris tersebut lalu pilih "Modify". Ubah nilainya dari "-1" menjadi "3". (Nilai "-1" artinya Firefox menggunakan seluruh kapasitas memory).

3.)Ketiga : Batasi kapasitas cache disk. Hal ini juga dilakukan pada window konfigurasi yang sama. Pada kolom filter ketik "browser.cache.disk.capasity", setelah dapat, klik kanan baris tersebut dan pilih "Modify". Ubah nilainya dari "50000" menjadi "2000"
Coba buka kembali Mozilla firefox sobat  kemudian lihat hasilnya

Semoga Tips Dan Trik ini bisa bermanfaat bagi semua orang.



Ayo Kita Saling Menghargai Sesama Blogger
Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share dimana saja.
Dan jika berkenan mohon mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih.



Friday, 14 August 2015

Penyebab Berat Beribadah dan Mudah Bermaksiat

Penyebab Berat Beribadah dan Mudah Bermaksiat


stop-maksiat-dpr
Penyebab Berat Beribadah dan Mudah Bermaksiat . Sudahkah anda mengetahui apa-apa saja faktor yang menyebabkan manusia malas atau dan berat beribadah dan mudah bermaksyiat? ini jawabannya.

Salah satu faktor penyebab kita begitu berat untuk melakukan ibadah seperti sholat, dzikir dan lainnya adalah makanan syubhat dan haram yang masuk ke perut kita.

Setiap insan muslim khususnya pribadi saya sendiri, pasti pernah merasakan begitu berat untuk melakukan ibadah, ternyata setelah mengintropeksi diri diketahui bahwa kita telah memakan makanan haram atau dengan harta haram.

Ibrahim bin Adham Rahimahullah berkata, “Aku melihat seorang yang beribadah menjadi berat dalam sholatnya lalu aku merenungkannya maka aku berkesimpulan bahwa itu disebabkan tidak bersihnya makanan yang dimakannya. Seandainya ia makan yang halal maka tidak akan ada beban dalam sholatnya“.

Orang yang makan dari harta haram, niscaya dia akan melakukan ibadah dengan terpaksa, terkadang berani meninggalkan ibadah wajib seperti sholat. Setelah itu berangsur-angsur dia akan melakukan perbuatan maksyiat lainnya, demikian seterusnya.

Oleh sebab itu Sahl at-Tusturi rahimahullah berkata : "Barangsiapa yang makan makanan haram, maka anggota tubuhnya akan bermaksyiat mau tidak mau, diketahui ataupun tidak. Dan baransgiapa yang makan makanan halal, maka anggota tubuhnya akan ta'at mau tidak mau, diketaui ataupun tidak. Dan dia akan diberi taufiq untuk berbuat kebaikan ".

Ulama salaf mengatakan : " Makanlah semaumu, maka kau akan berbuat sesuai apa yang kau makan ".