Monday 31 August 2015

Cara Membuat Daftar Isi (Otomatis & Manual)


            Oke Kembali lagi di Rival's Blog yang setiap harinya (Insyaallah) Update Info dan Referensi Untuk sekedar tahu, Kali ini saya akan membahas tentang Membuat Daftar Isi (Otomatis & Manual). Selain saya memenuhi Kewajiban Tugas dari guru saya, sekalian juga berbagi Tips & Trik Seputar SIMDIK (revolusi dari Bidang Study TIK) Tanpa basa - basi lagi langsung keintinya. 


 1. Daftar Isi (Otomatis & Manual) 

            Daftar isi meruoakan salah satu komponen wajib yang harus terdapat pada sebuah buku, skripsi, jurnal, maupun makalah. Tanpa adanya Daftar Isi si pembaca mungkin akan kebingungan dalam mencari halaman yang diinginkan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara praktis daftar isi di Microsoft Word sehingga mereka banyak membuang waktu dengan cara membuatnya secara manual.

            Maka dari itu saya akan mengulas trik membuat Daftar Isi secara praktis di Microsowt Word. Cara membuat daftar isi disini menggunakan dua cara yaitu : dengan cara Otomatis dan Manual.

A.   Daftar isi Otomatis

1.      Pertama tama cari contoh sebuah makalah, buku/ referensi sebagainya yang sekiranya terdapat pembagian materi. Saya mengambil contoh sebuah makalah.





2.      Kedua kita blok yang sekiranya akan kita buat sebuah daftar isi semisal (Bab 1 kita Blok) Terus dijadikan heading 1, setelah itu untuk heading 2 kita blog “PENDAHULUAN” hingga heading 3 (minimal membuat Heading sebanyak tiga)

3.      Setelah memberi heading 1 hingga seterusnya maka langkah selanjutnya adalah Membuat page Daftar Isi. Ini contohnya.



4.      Pada Daftar isi kita tekan enter supaya dapat memberi jarak senggang antara tulisan Daftar Isi dengan isinya. Setelah Proses diatas lalu kita pergi ke tab References>>Table of content>>Insert Table of Content, akan muncul sebuah laman baru>> Setelah semua di atur sesuai keinginan tekan tombol OK


5.      Jika ingin menambah isi dari sebuah daftar isi makan kita harus member header dari 1 – 3 lagi tapi dengan isi yang berbeda.
6.      Setelah selesai maka hasilnya akan seperti ini.


          B. Daftar Isi Manual

            Daftar isi manual maksud dari Daftar Isi manual ini adalah seperti mempersingkat waktu untuk membuat  sebuah titik – titik yang menggunakannya dengan cara menekan tombol Tab, oke ini adalah singkat seputar Daftar isi Manual, ini adalah langkah – langkahnya membuat Daftar isi Manual :


1. Pertama, seperti biasa untuk membuat sebuah daftar isi kita ambil contoh yang telah di     buat page daftar isi beserta isi – isi Tanpa memberi titik – titik dan nomor, berikut maksud saya :



2. Kedua, blok semua yang akan di jadikan daftar isi, setelah itu klik kanan pilih    Paragraph


3. Setelah muncul halaman Paragraph pilih Tabs pada pojok kiri bawah maka akan muncul halaman Tabs
4. Dihalaman tabs saya akan jelaskan fungsi dari Bagian – bagian Tabs
                        a. Allignment untuk memberi posisi Tabs yang akan di beri Leader
                        b. Leader adalah sebuah Value atau isi setelah kita tekan tab Misalnya :
                        “…” , “----“ ,” ___”




            5. Setelah kita tekan ok, kita akan uji coba dengan menekan Tab di keyboard pada             barisan yang tekah kita beri program Tabs.
            6. Dan lihat hasilnya, jangan lupa member nomor halaman setelah Leader ” ….” &             “None”        
   



            Sekian posting buatan dari saya, mohon ma’af apabila dari sekian cara masih terdapat kata – kata yang membingungkan, untuk pertanyaan silahkan tuangkan di Chat Box yang ada pada pojok kanan atas blogger, SALAM BLOGGER !!!








Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: