Wednesday 5 August 2015

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan



         SIMULASI DIGITAL adalah simulasi yg mana inflementasinya menggunakan computer digital
PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
       Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Menurut istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer.Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya ataucyberspace.
       Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dariinterconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnyaword wide web.

JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi dalam jaringan sinkron
        Komunikasi dalam jaringan secarareal timemenggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google hangout, dll).
Komunikasi dalam jaringan asinkron
        Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).
       Komunikasi online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui jaringan komputer secara sinkron.


TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN  :

1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer       dan perangkat dari jarak jauh.
3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam         hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.

      Berkomunikasi dalam jaringan ini pastinya pun mempunyai kelebihan dan kekuranganya.
Berikut kelebihan dan kekurangan dalam berkomunikasi menggunakan jaringan. 
Kelebihan berkomunikasi dalam jaringan adalah kita dapat menghemat waktu, karena tanpa bertemu langsung kita sudah dapat berkomunikasi (komunikasi jarak jauh)
Kekurangan berkomunikasi dalam jaringan adalah ketika jaringan tersebut kurang bagus atau ada gangguan jaringan, kita tidak dapat menggunakan jaringan tersebut untuk berkomunikasi.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: